“Good Looking” dalam Pandangan Islam


 Good Looking merupakan deretan kata atau kalimat Bahasa Inggris yang banyak memiliki makna. Dalam lektur.id, googd looking bisa bermakna ganteng, cakep, bagus, tampan, rupawan, dan cantik. Dari makna-makna tersebut, good looking memberi makna reflektif yang dapat diartikan sebagai kebaikan, kebersihan, dan kerapihan.

Jika kita memahami identifikasi makna-makna tersebut, good looking rupanya dapat dimaknai bukan hanya kepada tampan seseorang, tetapi juga tampilan atau keadaan suatu apapun yang baik, bersih, dan tidak ada kotoran. Misalnya, good looking pada masjid, good looking pada tempat tidur, good looking dalam salat, dan lain sebagainya.

Dalam slah satu hadis Rasulullah SAW, beliau bersabda: "Kunci sahnya shalat adalah kesucian diri dari najis." (HR. Abu Dawud). Melalui hadis ini memberi pandangan bahwa good looking dalam salat adalah pintu pertama sahnya salat.

Atau dalam hadis yang lain Rasulullah bersabda yang artinya: “Kebersihan adalah bagian dari iman”. Ini memberi maksud bahwa good looking dalam masalah tempat adalah menjadi suatu pertimbangan dalam agama, bahkan keimanan.

Dalam ayat Al-Qur’an juga Allah SWT berfirman: "Dan sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bersih." (QS. At-Taubah [9]: 108). Allah SWT melalui ayat-Nya ini memberi pesan agar hamba-Nya menjadi orang yang bersih, berpenampilan yang rapih

Good looking dalam makna Bahasa Inggris yang berarti tampan memberi makna reflektif yang berarti kebersihan, kerapian, kesucian, dan lain sebagainya.

Lalu bagaimana kaitannya artikel ini dengan pernyataan Menteri Agama tentang good looking dan kaitannya dengan faham keagamaan tertentu? Tidak ada sama sekali. Artikel ini hanya memberikan cara pandang reflektif atas makna good looking dalam kehidupan literature keislaman kita, bukan merespon cara pandang pemerintah dalam membaca cara keagamaan tertentu. Wallahu A’lam


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Nama Malaikat dan Tugasnya