Ancaman Meninggalkan Shalat Berjamaah


Ancaman Meninggalkan Shalat Berjamaah


Dari Abu Hurairah r.a. berkata, saya mendengar Rasulullah saw. Bersabda, "Sungguh saya ingin memerintahkan para pemuda untuk mengumpulkan kayu bakar yang banyak, kemudian saya akan mendatangi orang-orang yang shalat dirumahnya tanpa uzur, dan saya bakar rumah-rumah mereka" (Hr.Muslim, Abu Dawud, Ibnu Majah, & Tirmidzi)

Abu Darda r.a berkata, saya mendengar Rasulullah saw. Bersabda "Tidaklah terdapat tiga orang dalam satu kampung atau satu pedalaman, dan mereka tidak melaksanakan shalat berjamaah, kecuali syetan menguasai mereka. Maka hendaklah kalian berjamaah, karena sesunggunya seekor serigala akan memakan domba yang terpisah dari kelompoknya" (Hr.Ahmad, Abu Dawud, Nasa'I, Ibnu Khuzaimah, Ibnu Hibban & Hakim At-Targhib)

Dari Ibnu Abbas r.a sesunggunya seseorang bertanya kepadanya tentang orang yang berpuasa sepanjang hari dan mendirikan shalat sunat sepanjang malam, tetapi dia tidak pergi ke mesjid untuk shalat berjamaah dan shalat Jumat. Ibnu Abbas r.a menjawab, "Dia adalah penghuni Neraka Jahanam." (Tirmidzi & Targhib)

Mu'adz bin Anas r.a berkata, Rasulullah saw. Bersabda, "Kebatilan diatas kebatilan, kekufuran dan kemunafikan, yaitu orang yang mendengar panggilan muadzin untuk mendirikan shalat namun dia tidak memenuhinya." (Hr Ahmad & Thabrani).

Kasih sayang Rasulullah saw. Sangat besar kepada umatnya sehingga beliau tidak tega apabila umatnya mengalami kesusahan, tetapi beliau sangat marah apabila umatnya melakukan shalat fardhu dirumahnya yang tidak memakmurkan mesjid-mesjid, dan saat ini hanya shalat Jumat saja orang mau ke mesjid, dan sangat sedikit orang pergi ke mesjid untuk shalat fardhu, dikarenakan sedikitnya orang ke mesjid maka mesjid itu pula dibuka hanya untuk shalat Jumat saja.!

”Bagaimana tanggung jawab kita sebagai umat Rasulullah saw?”

Komentar

Postingan populer dari blog ini

“Good Looking” dalam Pandangan Islam

Sejarah Singkat